Monday, April 4, 2011

My Beppu Story: Beppu, the unique city

Beppu (別府) adalah sebuah kota di prefektur Oita, Pulau Kyushu, Jepang, yang terkenal dengan hot springs atau pemandian air panasnya. Nama Beppu sendiri terdiri dari 2 huruf kanji 別 (baca: betsu, artinya "berbeda") dan 府 (baca: fu, artinya "kota").
Yes, kota ini literally berarti kota yang berbeda, atau bahasa kerennya kota yang unik. Setelah empat tahun berkesempatan tinggal dan belajar di sana, saya akhirnya mengerti bahwa Beppu benar-benar kota yang unik. These are some teasers why


NUMBER One Beppu mempunyai 9 geothermal hot spots, atau mata air panas yang biasa disebut 地獄 (baca: jigoku, artinya "neraka"). Yep, saking panasnya mata air tersebut, orang-orang disekitar menyebutnya neraka. Ada yang warnanya biru kaya air laut, atau disebut umi jigoku (sea hell). Ada juga yang warna airnya merah seperti darah, namanya chi no ike jigoku, dan they make very good tourism objects! Selain neraka, Beppu juga terkenal dengan pemandian air panas atau 温泉 (baca: onsen) nya.


NUMBER Two Beppu, terkenal dengan populasi kakek nenek nya yang banyak. Well, karena Beppu bukanlah kota besar yang bising dan pemandangannya bagus banget, banyak penduduk Jepang yang menghabiskan masa tua nya disini. Mereka sering bilang kalau Beppu itu "inaka" atau pedesaan, padahal to be honest, pertama kali saya dateng ke Jepang, saya terkagum-kagum dengan pintu otomatis yang ada di semua supermarket di Beppu. Kalau pedesaannya aja kaya gini, gimana kota besarnya??


NUMBER Three Selain being populous with many elderly people, Beppu juga kaya akan International students, karena salah satu universitas terbesarnya adalah Ritsumeikan Asia Pacific University, dimana saya belajar selama 4 tahun untuk mendapatkan Bachelor's degree. Nah, uni saya ini mahasiswanya ada sekitar 5000-an, 50% orang Jepang dan 50% lagi international students dari 82 negara. Dan para international students ini tinggal dan bekerja part time di Beppu. Jadi kebayang kan betapa multiculturalnya jalanan-jalanan di Beppu? :)


Suasana kota yang bersih dan pemandangan yang apik plus populasi manusia yang beragam membuat Beppu pantas dijuluki the unique city. Tapiii, masih banyak lagi cerita tentang si unique city ini. Lewat "My Beppu Story" saya akan merefresh cerita ajaib, lucu dan menegangkan yang saya alami di kota onsen ini.

Stay tuned!

No comments:

Post a Comment